Jelajah 3 Coworking Space Nyaman di Jogja dengan Traveloka Xperience


Di antara para pembaca blog saya, pasti ada yang bekerja sebagai digital nomaden yang sering “pura-pura kerja”. Hahaha. Saya ngomong begini bukan untuk merendahkan profesi tertentu yhaaa. Tapi memang pekerjaan semacam ini sering bikin bertanya-tanya “kerjaan kamu apa sih sebenernya?”.

Believe me, I’ve been there and I’d like to be like that again someday. Sebelumnya saya pernah sempat bekerja sebagai freelance blogger dan content writer. Saya nggak kerja kantoran dan sering banget pindah-pindah tempat kerja dari satu kafe ke kafe lain. Asal ada colokan dan koneksi internet, pasti saya bisa kerja.

Banyak juga di antara temen-temen saya yang bekerja sebagai freelance writer dan sering travelling ke luar kota. Sama seperti saya, mereka juga beberapa kali mendapatkan tanggapan miring tentang profesinya. Dianggep pengangguran lah, cuma ngabisin duit suami lah, sampe ada yang ngira punya kalau mereka hidup dari pesugihan. HAHAHA.


Pada nggak familiar aja sih kayanya sama profesi semacam ini. Jadi yah, maklum aja kalau ada yang paham sama workflow-nya.

Saya akui, jadi freelance itu cukup menyenangkan dari kebebasannya. Bebas mau kerja kapan aja dan di mana aja. Cuma, kadang rasanya susah banget buat nge-set mood supaya pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Tempat kerja pun bisa jadi salah satu faktor yang mempengaruhi.

Maka, selain di rumah, saya sering keluar ke coworking space untuk cari suasana baru. Selain bisa bikin mood kerja lebih “on”, saya juga bisa bikin konten untuk dijadikan referensi temen-temen digital nomaden lain. Kalau kamu salah satunya, berikut contoh 3 coworking space nyaman yang bisa kamu kunjungi saat di Jogja.

1. Relasi Coworking Space

Coworking space pertama yang beneran enak dan sangat saya rekomendasiin buat temen-temen freelance di Jogja adalah Relasi. Lokasinya cukup strategis, tepatnya di Jl. Pogung Baru, Pogung Kidul, Jogja. Walaupun untuk bisa ke sana kita harus ngelewatin gang pemukiman warga, tapi tempatnya sendiri cukup mudah untuk ditemukan lewat Google Maps. Nggak perlu takut nyasar kok kalau mau ke sini.

Selain nyaman untuk dijadikan tempat kerja, Relasi juga cocok untuk dijadikan tempat nongkrong setelah lelah bekerja seharian. Di lantai bawah, kamu bisa menemukan beberapa spot dengan sofa dan bantal empuk yang bisa dimanfaatin buat istirahat sambil ngobrol bareng temen-temen. Ada juga spot meja yang cocok untuk dijadiin tempat belajar.


Nggak cuma itu, di waktu-waktu tertentu, Relasi juga ngadain event-event seru yang bisa kamu datangi untuk nambah pengetahuan dan nyari “relasi” yang sesungguhnya. Bisa dibilang, tempat ini tuh definisi dari all-in-one. Nyantai bisa, serius bisa. Mau kerja di sofa, kursi biasa, atau leyeh-leyeh di bean bag, pilih aja mana yang paling kamu suka.

Untuk menu-menunya, ada banyak banget pilihan yang bisa di-order. Untuk pilihan minuman, ada signature blend, manual brew, dan tea. Sementara pilihan makanannya ada snack dan western food. Dibuka mulai dari jam 10.00 - 24.00, kita bisa nongkrong bahkan nngerjain project freelance sampe kelar di sana.

2. Kaktus Coffee Place

Selain Relasi, coworking space selanjutnya yang juga saya rekomendasikan adalah Kaktus. Kalau dari namanya, mungkin kamu bakal ngira kalau tempat ini semacam toko jual beli tanaman. Yha emang sih namanya diambil dari nama tanaman. Tapi sebenernya tempat ini adalah coffee place yang terletak di Jl. Gondang Raya, Depok, Sleman.

Jika diperhatikan, signature dari tempat ini adalah dekorasinya yang memiliki nuansa warna alam. Dengan perpaduan tembok berwarna abu-abu dan warna hijau dari tanaman-tanaman yang terdapat di setiap sudutnya, kafe ini terasa sejuk dan nyaman banget untuk dijadikan tempat chit-chat heart to heart bahkan untuk bekerja freelance.


Di Kaktus, kita juga bisa ngadain workshop kecil-kecilan dengan memanfaatkan ruangan yang ada di lantai 2. Ruangan ini sebenernya biasa dijadiin coworking space. Tapi kalau kamu berminat untuk mengadakan acara di situ, bisa langsung kontak managernya dan tinggal arrange waktunya aja.

Untuk pilihan menunya, ada berbagai pilihan minuman dan makanan yang bisa kamu pilih. Saya sendiri paling suka sama Red Velvet Latte dan French Fries-nya. Ini perpaduan menu yang enak banget sih menurut saya. Kalau misal mau ngajak temen-temenmu atau pengen kerja freelance, Kaktus buka dari jam 09.00-24.00. Tinggal pilih aja kapan waktu yang cocok buat kamu.

3. Tujuan Cafe

Berlokasi di Jl. Tirtodipuran No.17C, Tujuan adalah salah satu “tujuan” yang layak dikunjungi para pekerja lepas di Jogja. Nggak cuma vibe-nya aja yang enak, tapi tempatnya juga bener-bener lucu! Para pemburu konten nih, pasti demen banget deh kalau udah berkunjung ke Tujuan. Karena emang se-gemes itu tempatnya.

Selain desain tempatnya yang gemes dan nggak bisa dianggurin gitu aja tanpa foto-foto, tempat ini juga cukup nyaman untuk dijadiin ruang kerja sementara. Ada beberapa meja yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk bekerja. Dari segi koneksi, Tujuan menyediakan wifi yang terbilang cepat. Betah banget deh kalau udah kerja di sini.


Dari segi menu, ada beberapa pilihan menu tradisional maupun western yang bisa kamu nikmati di sana. Pilihan minumannya pun cukup beragam. Selain nyaman untuk bekerja, kamu pun bisa ngajak keluarga atau kerabat untuk menghabiskan waktu bersama di Tujuan. Ngadain event atau workshop pun juga bisa kok!

Nah, kalau kamu dari luar kota dan berencana ke Jogja dalam waktu dekat, jangan lupa untuk berkunjung ke 3 coworking space di atas yah! Manfaatin juga Traveloka Xperience untuk menjelajah lebih banyak tempat menarik lain yang ada di Jogja.


Dengan Traveloka Xperience, kita bisa nemuin berbagai promo menarik, mulai dari Attractions, Beauty & Spa, sampe Events pun bisa kamu dapetin di sana. Jadi manfaatin aja promo yang ada untuk explore lebih banyak tempat dan acara-acara seru di Jogja dengan Traveloka Xperience ini. Siapa tau bisa menghemat budget kamu juga kan?




Jadi, udah siap jelajah #xperienceseru lebih banyak tempat menarik di Jogja?



Sumber foto:

Post a Comment

15 Comments

farid nugroho said…
Wah, bisa dicoba nih. Sering bingung mau kemana, maklum "pengangguran", hehe...
Riza Firli said…
Waktu jalan2 ke jogja aku pernah lewatin tujuan cafe deh..tau gitu mampir sebagus itu tempatnya..enak bgt..!
Vika Kurniawati said…
Kaktus cafe kok paling bikin penasaran untuk disambangi ya. Next time berkunjung ah
Yustrini said…
Bagus banget tempat-tempatnya, bisa dicoba nih kalo pengen keluar rumah :)
Nisya Rifiani said…
Itu tiga tempat itu.. aku belom pernah kesanaaa...
Maklum kerja kantoran kaga bisa kemana-mana, berbahagialah kamu, kamu, dan kamu yang "bisa pura-pura qerja"
Wiwin | pratiwanggini.net said…
Kaktus nih deket banget sama tempat tinggalku. Tapi saya baru sekali kesana, itu pun waktu bulan puasa karena di depannya selalu dipake jualan makanan untuk buka puasa. Btw tiap hari Kaktus ini rame banget. Strategis. Recommended.
Riana Dewie said…
Wah thank rekomendasinya ya beb. Belum pernah ada yang aku datangi, tapi dari review ini kok asyik bgt kyknya 😍👍
Dulu setelah lulus kuliah ketika ditanya kerabat atau bapak2/ibu2 di jalan, kerjanya sekarang apa? Soalnya kerja saya mobile/freelancer. Ya aku tahu ini untuk sementara sih, aku pun masih menikmatinya. Nah, bingung dong mau jawab apa. Mereka gak bakalan ngerti. Mau dijawab online shop ya bukan. Serba bingung. Akhirnya aku jawab kerja di online-online hehehe.

Btw coworking space-nya bagus kak. Nyaman banget yah buat kerja atau nugas kuliah sambil ngopi-ngopi cantik :)
Digital nomaden hahaha
emak dan tetangga-tetanggaku tuh paling getol nanya "kamu kerja apa sih sebenarnya?"
mau jelasin sih agak gimana ya kecuali emang satu vibrasi sebagai konten digital maker.
Nah kalau ngomongin tempat nongkrong di Jogja mah gak ada abisnya. Tinggal klik klik di aplikasi traveloka, ketemu, cuzz langsung stay disana buat ngerjain job :)
Dhita Erdittya said…
Tempatnya asyik semua. Bisa nih kalau lagi ke arah utara. Kalau aku kebanyakan ke warnet hahaha.
Dhita Erdittya said…
Tempatnya asyik semua. Bisa nih kalau lagi ke arah utara. Kalau aku kebanyakan ke warnet hahaha.
Dhita said…
Tempatnya asyik semua. Bisa nih kalau lagi ke arah utara. Kalau aku kebanyakan ke warnet hahaha.
Ceritamakvee said…
Ketiganyaaa aku belum pernah mencobaaa. aku akan mencobanya suatu saat nanti heheheh sekalian belanja konten eaa
Aku pernah jd pekerja, dan saat ini jadi freelancer. Semua mmg ada plus minusnya. Yg full bekerja kadang suka kehabisan waktu buat keluarga. Yang freelancer kadang ingin sesuatu yg lebih mapan. Wang-sinawang akhirnya. Btw kerja sambil ngopi tu mmg asyik..
Stafana said…
Wah aku belum pernah coba yang di jogja , emang lebih asik ngumpul sambil meeting di Coworking