3+ Rekomendasi Serum Lokal yang Ingin Saya Coba

Beberapa tahun ini saya udah mulai seneng explore berbagai jenis skincare. Mulai dari yang basic semacam cleanser sampe yang tersier banget semacam eye cream, saya berusaha lebih melek dengan mempelajari jenis-jenis dan berbagai macam kandungan di dalamnya.

Rekomendasi Serum Lokal

Walau begitu, ada satu jenis skincare yang dulu saya hindari banget, simply karena saya takut nggak cocok aja. Jenis skincare ini adalah serum. Kalau dilihat dari manfaatnya, ada banyak banget keuntungan yang bisa didapetin dari pemakaian serum secara rutin.

Akhirnya, beberapa waktu yang lalu saya cobain juga produk-produk serum dari beberapa brand lokal. Beberapa di antaranya udah saya bahas di artikel berjudul "7 Rangkaian Skincare yang Mencerahkan dan Mengurangi Bekas Jerawat" di My Best ID. 

Walau begitu, ada juga beberapa serum lokal lain yang pengen saya coba. Dari fungsinya, ada serum yang bisa memudarkan bekas jerawat, ada juga yang bisa mencerahkan wajah dan meningkatkan tone wajah jadi beberapa tingkat lebih cerah. Apa aja?

1. Somethinc Peeling Solution Serum

Hampir sama dengan Avoskin, Somethinc Peeling Solution Serum juga memiliki kandungan AHA dan BHA di dalamnya. Perpaduan dari 3% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA diklaim sebagai formula yang mampu membersihkan wajah secara menyeluruh dari sel kulit mati dan segala jenis kotoran yang menyumbat pori-pori. 

Manfaat tersebut membuat serum ini menjadi produk dengan fungsi peeling yang juga dapat meningkatkan kadar kelembapan kulit wajah. Manfaaat dari produk ini bisa dirasakan setelah digunakan rutin selama 2 kali seminggu pada kondisi wajah yang benar-benar kering. Gunakan sekitar 5-10 tetes untuk diusapkan ke seluruh permukaan wajah dan leher untuk hasil yang maksimal.

2. Wardah Serum White Secret Intense Brightening Essence

Salah satu produk skincare dari Wardah yang masuk dalam rangkaian White Secret ini merupakan serum yang diklaim mampu membantu peremajaan kulit. Fungsi pengangkatan sel kulit mati dan regenerasi sel kulit menjadi manfaat dari kandungan AHA yang terdapat dalam Wardah Serum White Secret Intense Brightening Essence.

Baca juga: Review Avoskin Miraculous Refining Serum

Serum ini pun bisa diandalkan untuk mencerahkan kulit yang kusam melalui perpaduan formula Crystal White Active dan Silver Vine extract yang ada di dalamnya.  Ada juga kandungan vitamin E, pro vitmain B5, dan hyaluronic acid yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban kulit. Aplikasikan sebanyak 1-2 tetes dan gunakan secara merata dengan pijatan lembut ke seluruh permukaan wajah.

3. For Skin's Sake Vitamic C

Pilihan serum dengan kandungan vitamin C juga datang dari brand lokal For Skin's Sake (FSS), seperti For Skin's Sake Vitamic C. Dengan vitamin C sejumlah 20% dan Hyaluronic Acid, kulit wajah yang kusam bisa menjadi lebih cerah. 

Manfaat lain seperti pencegahan terhadap hiperpigmentasi dan garis halus yang tersamarkan pun juga bisa dirasakan apabila digunakan secara teratur. Serum ini dapat dipakai pada pagi maupun malam hari dan diklaim cocok untuk semua tipe kulit wajah. Tekstur dari produk yang cruelty free ini terasa tidak greasy serta tidak terdapat kandungan paraben dan fagrance di dalamnya.

4. Sensatia Botanical Facial C Serum

Cukup tricky untuk mendapatkan produk skincare yang cocok bagi para pemilik tipe kulit berminyak cenderung berjerawat. Sensatia Botanical Facial C Serum diklaim mampu memberikan manfaat yang mengakomodir kebutuhan pemiliki kulit tersebut. Bahan-bahan seperti Kakadu Plum, Argan Oil, dan Rosehip mampu memberikan keseimbangan kadar kelembapan kulit.

Selain itu, serum lokal ini dapat mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, terdapat pula bahan dasar berupa lidah buaya yang mampu menghidrasi kulit wajah dan membuat tampilannya menjadi lebih plum. Brand ini juga mengusung konsep vegan dan cruelty free, sehingga aman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Review Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment by Skin Dewi

Dari empat rekomendasi di atas, serum apa yang ingin kamu coba juga? Kasih tau di kolom komentar ya! See you on the next post!

Post a Comment

28 Comments

Aulia Tri Sakti said…
Temenku ada yang pake white secret-nya wardah glowing2 muluz gitu mukanya,tertarik nyoba tapi masih nunggu abisin stock serum dulu hihi😂
Aku penasaran sama for skin's sake vit c sebenarnya
kayak banyak yang coba gituuu

Kalau di kamu gimana sis hasilnya?

With Love,
Deniathly
Anisa Nuha said…
Sebagai wanita yang halal nan wardah banget aku suka banget sama white secret-nya wardah. Semua serumnya aku coba cocok. Essence nya apalagi. Pokoknya aku suka apalagi mutiara diskonan terus HAHAHA.
Keke Naima said…
Saya pengen cobain Avoskin. Karena banyak yang review makanya saya tertarik. Kelihatannya memang menarik
nurul rahma said…
Wardah Serum tuh banyaaakkk yg nge-review positif
Daku mupeng juga jadinya.
Tapi ntar deh, nunggu invoice cair duluuu, baru shopping
haghaghaaaggg
Yeni Sovia said…
Aku pengen coba serum dari wardah soalnya lebih hemat kayaknya. Cukup 1 atau 2 tetes aja hahaha. Maklum emak-emak selain caro yang bagus cari yang hemat juga. Terus penasaran ama serum no 3 kayaknya aku butub karena udah 30 an umurnya
Kenapa aku belum nyobain satupun serum lokal yang mba sebut. Kenapa mbaa .. kenapa :(
Kayaknya mau nyoba yang Wardah serum deh mba :)
Dewi Rieka said…
Wah serum ternyata penting juga ya untuk wajah, aku pengen yang mengandung vitamin C biar wajah lebih cerah, nggak kusam..
Jiah Al Jafara said…
Kalau mau coba serum, mungkin yang Wardah kali ya karena lebih familiar. Aku anaknya jarang coba produk kecantikan sih. Tapi sesekali bolehkah
Kebetulan butuh info ini. Pengin nyoba nomor 4 nih. Scara kalo Wardah, beberapa produk skinkernya kurang bekerja di aku
Eri Udiyawati said…
Pengen coba For Skin's Sake vitamin C. Biar wajah makin cerah dan sehat. Secara, wajahku itu gampang banget kusam.
Monica Agustami said…
ASTAGA. AKU BELUM PERNAH COBA SEMUA SERUM YANG KAMU SEBUT.

Yang Somethinc aku sungguh ingin mencoba. Tapi masih ((gojak-gajek)) soalnya takut ada sensasi gimana gidu, sama takot kulit jadi kering.
Caroline Adenan said…
Dari yg disebutkan diatas, yg aku audah pernah coba yang Sensatia. Selebihnya belum nih :)
Pgn coba yg Avoskin dan For Skin's Sake.
Nia K. Haryanto said…
Waduh, kayak aku nih, sangat suka sekali dengan serum. Soalnya di wajah tuh ringan. Gampang pula pakenya. Jadinya, tiap lihat atau tahu serum, bawaannya kepengen nyoba. Mau lah aku juga nyoba serum-serum di atas. :)
TIAN LUSTIANA said…
Saya lagi penasaran sama yang Avoskin nih, katanya bagus. Ini baru nyobain tonernya hehe.
Lina W. Sasmita said…
Saya malah ingin sekali menggunakan serum karena pada umumnya memang mudah diaplikasikan dan hasilnya cepat terlihat.
Khoirur Rohmah said…
Kalau yg pernah aku baca, pengen banget deh nyobain serum ini mbak Sensatia Botanical Facial C Serum, sama yg Wardah deh hehhe
echaimutenan said…
Aku fss yang ada retinolnya skrg dipake. Maklum udah butuh anti aging wjwkwkkw
Perasaan baru sekali saya pakai serum. Padahal manfaatnya bagi kulit banyak sekali ya...
Sepertinya pengen nyobain dari Wardah Serum White Secret Intense Brightening Essence, karena selama ini memakai produk Wardah
Siti Hairul said…
Wah aku suka nih ada reviewnya serum lokal kayak gini. Aku pernah nyobain yg seri white secretnya Wardah.
Wiwied Widya said…
Jagoan ku tuh somethinc. Menurutku serum lokal terbaik saat ini deh. Aku pakai niacinamide, ama peelingnya aja udah suka banget. Sekarang ngincer mo nyobain yang gold serumnya itu. Kayaknya bagus juga
Aku pengin nyobain yang Wardah nih, yang lain-lain merk itu aku belum pernah pake. Padahal udah baca juga review dari banyak teman nih. Apa enaknya nyobain Somethinc yaa.. hahaha jadi galau kan.
Aku juga pakai seru Wardah mbak. Tapi yang warna ungu.
Aku juga pakai serum Wardah yang warna ungu Mbak.
Aku belum pernah nyobain semua serum di atas tapi udah ngincer serum vitamin C FSS soalnya udah pernah nyobain yang serum retinol dan cocok!
Wah seneng dapat referensi serum yang bagus utk kulit. Nanti kala userumku yang skrg habis, cuzz icip salah satu rekomendasinya ya.
Ivonie said…
dari keekmpat list ini saya baru nyoba serumnya wardah dan beneran cocok, kalau rajin wajah jadi cerah. pengen sih nyobain serum lain hehhe
Widi Utami said…
Aku tu belum make serum meski udah banyak yang nyaranin. Suka bingung milih serum yang mana. Serum tu bisa dipake untuk segala jenis kulit ndak sih? Atau gimana?