Beberapa Penyebab Kuat Nyeri Haid yang Nggak Tertahankan

Dapet tamu bulanan bukan sesuatu yang menyebalkan buat saya. Nggak seperti kebanyakan orang, saya merasa baik-baik aja saat datang bulan. Bahkan kadang secara nggak sadar tuh udah mak ssseeerrr, eh ternyata haid. Sama sekali nggak ada pertanda mood swing atau nyeri yang menjadi-jadi.

Tapi, pernah di suatu waktu, saya mengalami stress yang cukup berat. Kalau nggak salah waktu itu saya umur 23 atau 24. Lupa kapan tepatnya. Satu hal yang jelas adalah alasan saya stress: skripsi. Iyha, itu BERAT BANGET dijalaninya. Buat sebagian mungkin it's not a big deal. Cuma buat saya, it was a fucking big deal. Dan itu adalah salah satu big fucking deal yang susah banget saya lalui.

 

Kalau dibilang susah, emang bener susah sih. Rasa stress yang saya alami tersebut ternyata nggak cuma berdampak pada emosi saya yang jadi lebih labil dari biasanya, tapi juga cukup ngefek ke kesehatan secara keseluruhan. Salah satu yang cukup terasa adalah siklus haid yang nggak se-teratur biasanya. Biasanya rutin sekali dalam sebulan, waktu itu bisa sampe jeda sekali dalam dua bulan.

Lalu, apa akibatnya saat siklus haid berantakan? Hal yang paling terasa saat itu adalah rasa nyeri yang nggak tanggung-tanggung di hari pertama. Rasanya tuh bener-bener... aduuuuhhhh gimana yah. Wong biasanya nggak pernah, eh tiba-tiba kerasa banget. Nggak aware juga kalau bakal ngerasain nyeri. Akhirnya, cuma bisa tengkurep sambil nahan sakit yang nggak karuan rasanya.

Beberapa penyebab nyeri haid

Kita ketahui bahwa nyeri atau kram perut yang dirasakan oleh wanita yang sedang menstruasi. kamu dianjurkan untuk nggak menganggap remeh masalah. Bisa jadi keadaan tersebut adalah gejala awal bahwa kamu mengidap kista.

Namun, nggak semua nyeri yang dirasakan saat menstruasi adalah awal gejala suatu penyakit karena bagi sebagian dokter keadaan tersebut adalah wajar karena pada saat itu proses dinding rahim runtuh karena nggak dibuahi.

Nyeri atau kram perut atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan dismenore tentu nggak muncul begitu aja. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri haid yang tidak tertahankan.

1. Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula

Konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak serta banyak mengandung gula adalah merupakan makanan yang nggak sehat. Akan lebih baik jika kamu mulai mengurani konsumsi makanan tersebut dan menggantinya dengan sayur atau buah-buahan yang lebih sehat.

Solusinya? Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak makanan berserat seperti buah-buahan serta sayur yang mengandung banyak vitamin serta cukup gizi dirasa akan mampu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

2. Stress yang berlebihan dan hormon yang nggak seimbang

Berkaca dari pengalaman saya sendiri, memang stress berlebih ditambah kondisi hormon yang nggak seimbang adalah salah satu penyebab rasa nyeri saat menstruasi. Stres yang berkepanjangan menjadi salah satu penyebab tubuh akan lebih sensitif terhadap rasa sakit. 

Hormon yang nggak seimbang juga dapat menyebabkan komplikasi seperti kista ovarium yang akan meningkatkan nyeri pada perut saat menstruasi. Gejala nyeri saat menstruasi pun akan berdampak buruk bagi kesehatan. kamu akan merasakan perasaan sakit yang nggak tertahankan dan hal tersebut tentunya juga berdampak pada kondisi emosi kamu.

Selain itu, nyeri haid pun bisa membuat kamu akan menjadi pribadi yang lebih sensitif, mudah tersinggung dan cepat emosi. Maka, terkhususon para lelaki yang kadang suka serba salah dalam memahami perempuan yang sedang menstruasi, coba cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel berikut.

Solusi untuk meredakan nyeri haid

Nah, kalau buat temen-temen yang sering mengalami nyeri haid, salah satu "langkah instan" untuk meredakannya adalah dengan menggunakan iFree. iFree adalah terobosan terbaru yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi tanpa mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri haid.

Dengan menggunakan iFree, amu akan lebih nyaman dan tenang dalam melakukan aktivitas sehari-hari meskipun sedang menstruasi dengan menggunakan ifree. Produk iFree pun bisa kamu temukan dengan mudah di apotek dan toko penjual obat dengan harga yang terjangkau.

Jadi, udah siap beraktivitas lebih lelausa tanpa rasa nyeri haid di siklus berikutnya?

Post a Comment

2 Comments

Ini aku banget nih ngerasa tersindir.
Setiap mau mens selalu mood swing, maunya mara mara terus minta dingertiin terus minta diperhatiin terus ahahaha. I hate drama, but when it comes to my period I always be a dramatical person.

Dan iya loh sakit banget.
Asli, sampe selalu cuti kalau lagi dapet hari pertama

Tapi sekarang sejak rajin olahraga sakitnya udah berkurang, tapi aku jadi pengen cobain menstrcual pad jg deh. Penasaran.
Tira Soekardi said…
wah kalau aku mah malah ke emosi yg gak stabil