Berniat Membeli Mobil Toyota Kijang Innova Bekas? Berikut 5 Tipsnya!

tips jual beli mobil bekas berkualitas

Berniat Membeli Mobil Toyota Kijang Innova Bekas? Berikut 5 Tipsnya!

Mudik sudah jadi tradisi tahunan yang dilakukan setiap tahunnya. Seenggaknya setahun sekali, saya sekeluarga harus pergi ke Magetan untuk pulang ke rumah Uti sekaligus melanjutkan budaya silaturahmi ke rumah-rumah saudara lain yang ada di sana. Rasanya kurang afdol kalau nggak ikut macet-macetan di jalan bareng ribuan pemudik lain yang juga ingin bertemu dengan sanak saudaranya di kampung halaman.

Baca juga: Berwisata Sejarah ke 3 Museum Instagramable di Jogja

Tradisi ini, untuk saya pribadi, sangat ditunggu-tunggu dan selalu memberikan kesan istimewa. Padahal kalau dipikir-pikir, ini hanya sebuah rutinitas tahunan. Tapi yang namanya momen silaturahmi, apalagi berkesempatan untuk berkumpul dengan para saudara yang rumahnya saling jauh terpisah satu sama lain, bener-bener nggak boleh dilewatin.

Mudik memang menyenangkan. Hanya saja, selalu ada PR yang melelahkan di awal persiapannya. PR tersebut adalah mencari mobil sewa yang akan kami gunakan untuk bepergian. Selain harus gercep booking jauh hari, biaya sewanya pun naik cukup signifikan di momen mudik lebaran. Aduh, repot juga sih kalau pas di mana-mana sudah full booked.

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Mual yang Mengganggu Saat Travelling

Dari pengalaman ini, sebenarnya saya sudah berencana untuk membeli mobil keluarga. Di beberapa kesempatan, saya ngobrol dengan Bapak dan Ibu untuk ikut mempertimbangkan jenis mobil seperti apa yang sekiranya cocok untuk kebutuhan kami. Bepergian ke luar kota rasanya nggak akan terlalu repot kalau punya kendaraan pribadi sendiri, kan?

Setelah beberapa kali berdiskusi, kami mengumpulkan beberapa opsi jenis dan merk mobil yang akan dibeli. Walau belum akan membeli dalam waktu dekat, pilihan kami sudah jatuh ke mobil Toyota Kijang Innova. Kami pun juga mempertimbangkan untuk mencari mobil bekas yang secara harga nggak semahal mobil baru, namun masih bisa digunakan secara baik untuk bepergian sekeluarga.

Baca juga: 5 Hal yang Biasa Dipersiapkan Beberapa Bulan Sebelum Lebaran

Saya bukan expert-nya dunia otomotif. Ada ketertarikan, tapi nggak begitu mendalam. Palingan belajar tipis-tipis supaya nggak gampang dikadalin bengkel nakal pas lagi service motor. Tapi Bapak saya, bisa dibilang, seorang automotive enthusiast. Saya inget banget, dulu beliau langganan tabloid Otomotif yang datang setiap minggu dan saya juga ikut nimbrung saat beliau sedang melakukan sesi bacanya.

Pada kesempatan diskusi tentang mobil pilihan yang akan kami beli, beliau memberikan saran tentang penilaian seperti apa yang harus kita lakukan untuk mengevaluasi kelayakan suatu mobil bekas. Untuk membeli mobil Toyota Kijang Innova bekas, ada seenggaknya 5 hal yang perlu kita perhatikan.

1. Lakukan Inspeksi Secara Mendalam

Langkah paling awal yang perlu dilakukan sebelum membeli mobil bekas ada memastikan kondisi mesin, sistem kelistrikan, sistem rem, dan bagian-bagian lainnya yang mempengaruhi performa mobil. Inspeksi secara mendalam pada mobil bekas nggak boleh di-skip sama sekali! Kalau perlu, kita juga bisa minta bantuan dari mekanik yang ahli dalam memeriksa keadaan mobil tersebut secara menyeluruh.

2. Cek Riwayat Perawatan

Setelah memastikan kondisi fisik mobil, hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah memeriksa riwayat perawatan mobil tersebut. Minta kepada pemilik sebelumnya untuk menunjukkan buku servis dan catat setiap perbaikan yang dilakukan pada mobil tersebut. Hal ini dapat membantu kita mengetahui apakah mobil tersebut pernah mengalami kerusakan atau masalah yang serius.

3. Perhatikan Kondisi Interior

Selain memeriksa kondisi mesin dan eksterior mobil, pastikan untuk memperhatikan kondisi interior mobil bekas Toyota Kijang Innova yang ingin kita beli. Periksa kualitas jok, dashboard, dan fitur-fitur lainnya pada mobil. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan nggak mengalami kerusakan.

4. Periksa Dokumen Kendaraan

Kondisi mobil yang baik memang penting. Tapi jangan sampai lupa memeriksa berbagai berkas administrasinya. Pastikan untuk memeriksa dokumen kendaraan dari mobil bekas yang akan kita beli. Periksa STNK, BPKB, dan dokumen-dokumen lainnya. Jangan sampai ada yang nggak asli dan nggak sesuai dengan informasi yang diberikan oleh penjual. 

5. Lakukan Test Drive

Last but not least, jangan lupa untuk memastikan kondisinya saat dikendarai dengan melakukan test drive. Uji performa mobil dan perhatikan bagaimana mobil tersebut berjalan. Lebih bagus lagi kalau kita melakukan uji coba mobil tersebut di berbagai kondisi jalan. Kalau perlu sih sekalian ajak beberapa orang untuk ikut jadi penumpang supaya ngerti kondisi real-nya saat digunakan bersama keluarga.

Now, the question is, where should we buy a used car that is trusted and credible? 

Ada banyak tempat yang menjual mobil bekas di Indonesia. Kalau belum ada waktu untuk melakukan survey on site, kita bisa coba cek Caroline yang merupakan situs jual beli mobil bergaransi di bawah naungan PT Autopedia Sukses Lestari Tbk.(ASLC) yang bergerak di usaha jual beli kendaraan bekas dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak awal 2022.

tips jual beli mobil bekas berkualitas
Situs jual beli mobil bergaransi, Caroline

Caroline menawarkan mobil berkualitas yang mencakup garansi mesin & transmisi selama 1 tahun, garansi 5 hari uang kembali, unit lulus inspeksi di 150 titik, bebas dari terendam banjir dan kecelakaan besar. Kemudahan proses tentunya juga disajikan melalui layanan test drive gratis, pengantaran unit gratis dan kemudahan pengajuan pembiayaan dengan leasing company rekanan Caroline. 

Selain itu, pelanggan juga tidak perlu was-was karena dokumen kendaraan juga terjamin. Caroline juga menawarkan kemudahan bagi pelanggan yang ingin kredit mobil dengan membantu proses pengajuan ke lembaga pembiayaan rekanan.

tips jual beli mobil bekas berkualitas
Pilih mobil dengan melakukan adjustment filter sesuai kebutuhanmu

Seluruh mobil yang tersedia di Caroline telah mendapat pengecekan teruji mulai dari bagian terdalam hingga terluar. Caroline juga melakukan filtering dengan menghindari mobil yang telah mengalami kerusakan atau kecelakaan besar seperti banjir, rusak, penyok dan lain sebagainya karena tidak semuanya dapat diperbaiki 100%.

Terdapat garansi mesin selama 1 tahun untuk seluruh mobil yang diperjual belikan dan garansi selama 5 hari apabila kondisi mobil tidak sesuai seperti yang dijanjikan. Sehingga dalam waktu 5 hari, uang bisa kembali ke customer.

Baca juga: 5 Hal Seru yang Ingin Saya Lakukan di Seminyak Bali

Secara keseluruhan, platform jual beli mobil seperti Caroline menyediakan kemudahan untuk saya dalam pencarian mobil Toyota Kijang Innova bekas dari segi biaya, spesifikasi, hingga lokasi. Sistem filtering-nya cukup membantu untuk mendapatkan mobil yang tepat sesuai kebutuhan kita.

Jadi, berminat untuk menjual atau membeli mobil dalam waktu dekat?


Post a Comment

25 Comments

Nurul Sufitri said…
Oh, ternyata di Caroline ya kita bisa melakukan jual beli mobil kebas berkualitas. Ga pusing lagi mikirin kondisi mobil yang diminati karena memang sudah dipersiapkan segalanya mulai dari mesin, transmisi hingga dokumen yang diperlukan. Boleh juga nih ceki2 lebih detail siapa tau bakalan cocok buat roadtrip di tahun mendatang. TFS mak.
Katerina said…
Kebetulan saya juga punya usaha jual beli mobil bekas mbak, anak saya yang jalanin karena dia yang tahu seluk beluk dunia otomotif. Jadi, saya setuju soal 5 hal yang perlu dilakukan ketika hendak membeli mobil bekas. Jangan sampai kita kecewa dengan mobil yang kita dapatkan. Pencarian lewat website tentu sangat memudahkan karena kita bisa filter sesuai kebutuhan ya.
Wiwied Widya said…
Pelayanannya bisa utk semua kota di Indonesia atau hanya kota tertentu sih, mbak? Kalau misalnya kayak aku di Solo gt lalu kendaraan yg kuminat lokasinya di luar kota, nanti ada biaya tambahan ga ya?
Baru tau situs ini mba. Ini tuh udah diuji coba ya. Wah jadi aman dong ya, plus ada garansinya. Menarik 😍
Andiyani Achmad said…
membeli mobil bekas pertimbangannya memang banyak ya, karena pastinya ingin yang berkualitas dan performanya baik meskipun bekas
bundadzakiyyah said…
Baru tau ada situs jual beli kendaraan namanya Carroline, ada garansi nya pula, top banget ini mah, mobil yang disediakan sudah di filter dengan baik juga, jadi gak ada lagi drama beli mobil bekas ternyata ada penyok nya, terimakasih kak info nya.
bundadzakiyyah said…
Baru tau ada situs jual beli mobil nama nya Carroline, ada garansi mesin dan gratis test drive pula, mobil yang dipasarkan sudah di filter dengan baik, jadi tidak ada lagi drama beli mobil bekas tapi ada cacat nya, terimakasih kak info nya.
Saya gak paham tentang mobil.Jadi tentu akan mengajak orang yang paham bila akan membeli mobil. Pastinya juga harus membeli di tempat yang bisa dipercaya.
Jiah Al Jafara said…
Mbakku nih akhirnya beli mobil juga. Jadi pas mudik gak drama saat ngajakin anak-anak. Terus sehari-hari juga kepake buat kerja, bukan buat gaya-gayaan doang. Kalau beli tuh baiknya pilih website yang terpercaya dan jangan lupa ajak orang yang lebih expert
Jiah Al Jafara said…
Mbakku nih akhirnya beli mobil juga. Jadi pas mudik gak drama saat ngajakin anak-anak. Terus sehari-hari juga kepake buat kerja, bukan buat gaya-gayaan doang. Kalau beli tuh baiknya pilih website yang terpercaya dan jangan lupa ajak orang yang lebih expert
Aku pernah dua kali mba melakukan jual beli mobil bekas untuk digunakan pribadi. Menurutku penting transaksi dilakukan di perusahaan yang sudah terpercaya dan ada ijin. Bagus juga cek apakah punya riwayat mobil bekas banjir atau nggak. Intinya pastikan semua berfungsi dengan baik
Istiana Sutanti said…
Beli mobil bekas memang harus super detail yaa, supaya nantinya nyaman dan gak malah nombok, hee. Aku dan suami pun beli mobil kami itu mobil second, betul harus diinspeksi dulu dan harus test drive supaya yakin kondisi mobilnya masih bagus.

Senang ya sekarang ada caroline yang menjamin kualitas mobil-mobil bekas begini. Jadi nyaman dan tenang kalau nyari mobil bekas deh ya
Milda Ini said…
Terima kasih bagi info dan sharingnya Mba, mau ngumpul duit dulu yah. Biar bisa beli mobil lagi, hehehe. Biar gak rebutan ama suami,
Dee_Arif said…
Jual beli mobil bekas akan menguntungkan jika kita tahu tips tipsnya ya mbak
Apalagi jika jual belinya di Caroline ini
lendyagassi said…
Enaknya browsing di Caroline tuh berbagai jenis penawaran ada ya..
Mau lihat jenis sampai variasi harga, sehingga gak terpaku sama satu merk, tapi ada beberapa pilihan lainnya dengan kondisi yang terpercaya.
Eri Udiyawati said…
Mobil Toyota memang berkualitas banget meskipun udah second. Kalau ada rezeki lebih, bisa banget kalau mau beli mobil di caroline.id aja.
Pass banget aku mau jual mobil sih,,,bisa ga ya lewat caroline? Mauu coba aah (gusti yeni)
Naqiyyah Syam said…
Makasih tipsnya Mbak sangat berguna kalau mau beli mobil nanti apalagi untuk tes drive dulu sebelum membeli
Biasanya kan kalau mau beli mobil bekas ada rasa was-was, jangan2 mobilnya ga beres nih makanya dijual sama pemilik pertama. Kehadiran Caroline ini bikin rasa was-was tadi bisa dihilangkan. Ada jaminan mesin dan transmisi selama 1 tahun nih, udah mantep banget tuh.
khairiah said…
memang segala sesuatu serahkan pada ahlinya, seperti caroline id ahlinya mobil bekas, jadi pembeli no was-was ketika membeli
Dokumen kendaraan itu penting
Sekecil apa pun mengenai kendaraan harus disimpan
Jangan sampai saat dibutuhkan tapi bermasalah dokumennya
Utie adnu said…
Ini termasuk baru ya kak aplikasi caroline ini...akupun kemarin baru jual mobil... Kala tau aplikasi ini boleh juga ya terjamin...
Tes drive dan cek riwayat perawatan memang sangat penting ketika kita membeli mobil bekas. Murah tetapi berkualitas
Antung apriana said…
Kalau mau beli mobil bekas memang harus teliti banget ya biar kita nggak terlalu banyak keluar uang buat memperbaiki dan mengupgrase mobil bekas tersebut
Adriana Dian said…
Ih pas banget baca ini pas lagi nyari mobil bekas juga nih, innova kece juga sih yaaaaa.. maaci tipsnya ya maaaak..