3 Manfaat dan Tips Nulis Blog Ala Agus Mulyadi

April 06, 2018
Di jaman digital ini, banyak banget dari kita yang semakin aktif di media sosial. Entah untuk sekedar curhat di status facebook, spamming foto di Instagram, atau ngikutin kul-tweet dari Ivan Lanin. Banyak yang bilang kalo blog mulai ditinggalkan karena aktid di media sosial sudah cukup buat people jaman now.

Padahal kalo mau ditarik mundur, rang-orang mulai aktif nulis di blog sebelum media sosial mulai banyak dipake. Kalo mau ditekuni juga, blog jaman sekarang udah bukan sekedar tempat curhat aja. Ada banyak banget manfaat yang bisa kita dapatkan dari blog, selain grundelan dalam hati yang bisa tumpah ruah di sana.


Salah satu orang yang cukup aktif mencurahkan pikiran dan uneg-unegnya di blog adalah Agus Mulyadi. Ada yang kenal sama dia? Kalo nggak kenal, coba googling “Agus Mulyadi dan JKT48”. NAH, itu dia orangnya. Si editor foto yang viral berkat hasil editannya ini ternyata blogger, coy! Saya sih taunya si Agus Mulyadi tukang ngedit foto.

Pada event #FlashBloggingJogja bersama Dinas Kominfo DIY dan Ditjen Informasi & Komunikasi di Hotel Saphir, Gus Mul berbagi cerita seputar pengalaman ngeblognya. Kali ini, saya akan share pengalaman Agus Mulyadi dan manfaat ngeblog yang bisa kamu rasakan kalo kamu mulai konsisten nulis seperti yang dilakukannya.

Agus Mulyadi, Blogger Viral Berkat Foto Editan

Jauh sebelum viral dan menjabat sebagai redaktur Mojok, Agus Mulyadi yang ikrib dipanggil Gus Mul ini adalah blogger dengan genre tulisan persona literatur. Di blognya, dia seriiing banget cerita tentang keluarganya, kehidupannya sebagai ahli IT (penjaga warnet), dan teman-temannya. Dengan gaya kocak dan pilihan diksi yang apik, tulisannya yang quotable ternyata jadi pembuka jalan rejeki untuk dirinya.

Agus Mulyadi sharing pengalaman ngeblog pada acara #FlashBloggingJogja

Berawal dari foto editannya dengan Nabila JKT48 yang diunggah di blog, Mas Agus mulai viral di berbagai media online dan mulai diundang jadi bintang tamu di layar kaca. Dia pun mulai buka jasa edit foto yang satuannya dihargai sekitar Rp 50.000. Makin terkenal dengan editan foto bersama artis-artis dalam negeri, dia pun mulai ngedit foto dengan artis-artis luar negeri.

Manfaat Ngeblog Ala Agus Mulyadi

Hanya dari tulisan blog dan foto hasil editan, Agus Mulyadi yang awalnya “cuma” penjaga warnet, akhirnya bisa jadi penulis dan redaktur dari media online ternama. Itu baru sekilas gambaran dari real opportunites yang bisa kamu dapatkan. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari ngeblog. Berikut 5 manfaat ngeblog yang akan kamu rasakan kalo mulai konsisten nulis seperti Agus Mulyadi:

1. Kamu bisa terkoneksi dengan semua orang. Globally!

Sekarang semua hal bisa jadi viral karena adanya media sosial. Begitu juga dengan apa yang kamu tulis di blog. Agus Mulyadi pernah nulis seputar makam Belanda. Saya lupa namanya apa, tapi tulisannya itu ternyata di-notice oleh yayasan asli dari Belanda yang punya relasi langsung dengan makam tersebut.

Niatnya Agus Mulyadi nulis tentang makam itu apa? Nggak ada! Nulis aja gitu. Siapa sangka kalo tulisannya bisa sampe bikin dateng orang dari Belanda langsung? Nggak ada! Ini bukti kalo dengan nulis di blog, semua orang bisa berkesempatan untuk terkoneksi dengan siapapun, bahkan hingga ranah internasional. 

2. Bekerja sesuai dengan passion-mu

Selain bisa terkoneksi dengan banyak orang hingga ranah internasional, dengan nulis blog, kamu bisa dapet kesempatan untuk bekerja sesuai passionmu. Kamu suka nulis beauty, kesempatan untuk bekerja di dunia beauty bisa kamu dapatkan. Suka nulis seputar travelling, bisa jadi kamu diajak jalan-jalan keliling dunia untuk review tempat-tempat wisata.


Kalo Mas Agus, dia suka nulis. Nulis doang. Yah, sama edit foto itu tadi lah. Dengan hasil menulis secara konsisten, ternyata Mas Agus malah dapet kesempatan untuk jadi penulis di media online ternama seperti Mojok. Selain nulis di media, dia juga udah nulis beberapa buku. Kalo kamu konsisten, sesuatu yang kamu tulis bisa jadi sumber penghasilanmu juga.

3. Punya bisnismu sendiri

Dari publish tulisan dan hasil editan foto di blog, Mas Agus jadi banyak dikenal orang. Dengan makin dikenalnya Mas Agus, makin banyak pula kesempatannya untuk bekerja sama dengan lebih banyak orang. Setelah tau Mas Agus bisa ngedit foto dengan muluuus banget, makin banyak orang yang minta tolong untuk dieditin fotonya.

See the opportunity for the business yet?

Jadiii dari cuma sekedar ngeblog pun, kamu bisa berkesempatan untuk punya bisnismu sendiri. Dari ngeblog, kamu share tulisan dan hasil karyamu. Setelah di-publish di blog, kamu share di media sosial. Makin banyak hasil karya yang kamu share, makin gedhe juga kesempatan karyamu di-recognize netizen/masyarakat yang aktif di dunia digital.


Cara Mencari Ide Tulisan Blog

Niat ngeblog udah ada nih. Udah mulai nulis nih. Eh, waktu mau nulis lagi, mampet ide. Gimana dong caranya supaya ide tulisan bisa lebih mudah datang?

1. Dompleng isu yang kontekstual

Lagi viral apa nih di media sosial? Kemaren pernah viral isu pelakor dan lempar-lempar duit ala Bu Dendy. Manfaatin aja untuk dijadiin bahan tulisan di blog. Sering pantau media sosial bisa jadi hal yang bermanfaat juga, kan?

2. Cari hal-hal yang dekat dengan kita

Kalau mau nulis, jangan nulis sesuatu yang nggak kamu kuasai. Mau nulis tentang nuklir, kok bahan bacaannya caption postingan Lambe Turah. Wagu, lik! Nulis aja seputar selebritis. Receh nggak masalah. Asal kamu bisa nulis konsisten, tulis aja!

3. Banyak baca. That’s it!

Jawaban templat semua workshop menulis adalah BANYAK MEMBACA. Udah default itu mah. Dengan makin banyak baca, makin banyak referensi yang kamu dapatkan. Gaya tulisanmu pun makin variatif karena bahan bacaanmu bisa ngasih lebih banyak pilihan diksi yang menarik.

Untuk kamu yang baru mulai ngeblog, nggak masalah kalo tulisan kamu masih terasa acak-adut. Nulis aja dulu! Baru dibaca lagi dan diedit. Pokoknya nulis aja dulu. Setelah mulai konsisten, kamu juga mulai memperbaiki tulisanmu secara bertahap. Siapa tau kamu bisa "viral" kaya Mas Agus Mulyadi.

Good luck and see you on the next post!

14 comments:

Stephanus Christiono said...

Mantap kakak.. belajar ngeblog akh.. biar bisa kaya mas agus magelangan.. 😀

Hanifa said...

MAS KRIS, KAMU TIAP KOMEN BIKIN AKU INGIN BERKATA: CAKEEEEEP!

Tira Soekardi said...

makasih sharingnya

Hanifa said...

Mbak Tira: Sama-sama :)

Sekararum said...

Wah ada Gus Mul idolakoe...

Hanifa said...

Mbarum: Kata Mba Mon, Gus Mul cinta sejatinyaahhh

Prima Chandra said...

Agus mulyadi ini...saya suka ngakak liat tulisan2ny di twitter 😂

Hanifa said...

Prima Chandra: Tulisan-tulisannya emang nggak pernah fail untuk menghibur para pembaca hahaha

Inda Chakim said...

Sering ngikutin tulisan gusmul di mojok. Ulasannya seruu.
btw makasih ya mbk sdh dishare ilmu kecenyaaaa..
Sukses selalu amiin

Dinilint said...

Passion. Ini juga yg aku alami dengan nge-blog,, berkarya dengan passion. Lebih seneng lagi kalo bisa menghasilkan rejeki :)

Hanifa said...

Inda Chakim: Tulisannya khas banget dan seruuuu banget emang gaya bahasanya ;D

Muthi Haura said...

Mas Agus keren. Bekerja di passion kta itu memang menyenangkan. Pengen lebih rajin nulis lagi ah. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

Hanifa said...

Kak Muthi: Sama sama kaaaaak. Emang asyik banget kerja di bidang yang emang udah kita cinta bangets

Hanifa said...

Dinilint: Jangan sampe berhenti ngeblog lah pokoknya. Apalagi kalo itu emang bikin kita bahagia :D

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.